Teori Mengenai Ilmu Gaib dan Religi

Teori Mengenai Ilmu Gaib dan Religi
J.G. Frazer

Sir James George Frezer (1854-1941) adalah seorang ahli foklor Scotlandia yang banyak menggunakan bahan etnografi dalam karyanya. Ada dua karya Frezer yang terkenal yaitu Totemism and Exogamy (1910).

Skema Teori



Akal >> Magic >> Religi

Pada mulanya manusia hanya menggunakan akalnya untuk memecahkan masalah. Namun lambat laun sistem pengetahuan manusai semakin terbatas untuk memecahkan masalah bahkan tidak sanggup lagi memecahkan masalah. Sehingga manusia memecahkannya dengan magic, ilmu gaib. Magic adalah semua tindakan manusia untuk mencapai sesuatu dengan menggunakan kekuatan-kekuatan alam dan luar lainnya. (Koentjaraningrat 1980:54)

Namun dalam perkembangan selanjutnya kekuatan magic tersebut tidak selamnya berhasil. Maka manusia mulai sadar bahwa di alam ini ada yang menempatinya yaitu mahluk-mahluk halus. Mulailah manusai mencari hubungannya dengan mahluk-mahluk halus tersebut. Dengan itu timbullah religi. Religi adalah segala sistem tingkah laku manusia untuk memproleh sesuatu dengan cara memasrahkan diri kepada penciptanya

4 komentar

  1. Yah,,

    Religi adalah Manusia percaya adanya kekuatan diluar diri manusia.

    Salam Kerabat!!
    Antropologi adalah Ilmu yang salah satu kunci medianya adalah dengan Tulisan.

    BalasHapus
  2. Mana yang benar Agama melahirkan budaya atau agama dilahirkan oleh budaya??

    >>>> jawabannya ada di Buku "agama dalam kehidupan manusia" (suatu pengantar antropologi agama) karya Bustanuddin Agus.. Mantap bukunya !!

    salam kekerabatan.....

    BalasHapus
  3. Maaf yg punya blog ini, semester brp y???
    kpn2 boleh ya, aq tanya2 ttg teori2 antropologi lagi???
    thanks before :)

    BalasHapus
  4. Agama di lahirkan oleh budaya

    BalasHapus


EmoticonEmoticon